7 Tempat Wisata Di Bukittinggi Seru dan Bernilai Sejarah

shares


Sumatra merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia. Disini pula terletak kota Bukittinggi yang menyimpan banyak potensi alam. Tempat wisata di Bukittinggi pun banyak diincar kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena itulah, kali ini kita akan membahas berbagai destinasi wisata seru di kota Bukttinggi yang sedang tren dikalangan para pecinta petualang dan wisata. Bukittinggi memiliki nilai sejarah yang cukup mendalam karena ia pernah menjadi ibu kota Negara Indonesia pada masa pemerintahan darurat. Berada pada ketinggian 940 mdpl, suasana sejuk akan terasa ketika menginjakkan kaki dikota ini.
Kota BukitTinggi @JejakLangkahO
 Di Sumatra Barat, Bukittinggi termasuk destinasi wisata favorit.Berikut ini merupakan 7 Tempat Wisata Di Bukit Tinggi Yang Seru Dan Juga Bernilai Sejarah : 

Jam Gadang Bukit Tinggi 

Jam Gadang Bukit Tinggi @summerblitz
Jam Gadang BukitTinggi - Sebagai salah satu icon Kota Bukit Tinggi yang berada di Jalan Parak Kubang, Benteng Pasar Atas, Guguk Panjang, Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat ini. Jam Gadang ini merupakan salah Satu destinasi wisata di bukit tinggi yang berbau sejarah tinggi paling terkenal di Indonesia. Tempat Ini menjadi Salah satu icon Landmark di bukit tinggi yang berada di dekat Rumah Bung Hatta, Yang saat ini sudah menjadi musium.

Museum Bung Hatta

Museum Bung Hatta @cabinbag
Museum Bung Hatta - Belajar sejarah memang bisa dilakukan sambil berwisata. Salah satunya Museum Bung Hatta ini yang letaknya dekat dengan Jam Gadang Bukit Tinggi Ini merupakan lahan bekas rumah kelahiran Bung Hatta. Lahan ini memiliki luas sekitar 1.000 meter persegi. Museum ini sendiir dikelola oleh Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya kota Bukittinggi. Tempat ini bisa menjadi tempat yang tepat bagi wisatawan terutama wisatawan lokal untuk menumbuhkan semangat nasionalisme.

Benteng Fort De Kock

Benteng Fort De Kock @tripadvistor
Benteng Fort De Kock - Ini meupakan objek wisata yang sarat akan nilai sejarah. Benteng ini merupakan peninggalan bangsa Belanda di Bukittinggi. Ia terletak di terusan jalan Tuanku nan Renceh. Didirikan tahun 1825, dulunya benteng ini digunakan sebagai kubu pertahanan tentara Belanda yang mengalami penyerangan oleh masyarakat Minangkabau.  Benteng ini merupakan bukti perjuangan rakyat Sumatera Barat dalam melawan penjajahan Belanda. 

Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang Jepang Bukit Tinggi @angkasapuraMinangkabau
Lobang Jepang BukitTinggi - Sebagaimana yang telah dikatakan bahwa Bukittinggi sarat akan nilai sejarah. Selain Benteng Fort De Kock yang merupakan peninggalan bangsa Belanda, ada juga Lobang Jepang yang merupakan bunker peninggalan bangsa Jepang saat menjajah Indonesia. Panjang lobang ini sekitar 1.470 meter. Ada 21 terowongan didalam bunker ini yang dulunya berfungsi sebagai gudang penyimpanan amunisi tentara Jepang. Selain itu, 21 terowongan tersebut juga digunakan sebagai ruang pertemuan, dapur, bahkan ruang penyiksaan. 

Janjang Saribu

Jajang Saribu
Janjang Saribu - Pernah bermimpi pergi ke Tembok Besar Cina? Jika mimpi itu belum juga tercapai maka tidak ada salahnya berkunjung ke Janjang Seribu yang merupakan Tembok Besar Cina versi Bukittinggi. Ada deretan anak tangga yang siap menguji kekuatan kaki. Panjang anak tangga berderet sampai ke kawasan bawah Ngarai Sianok. Janjang Saribu sendiri merupakan bahasa lokal yang berarti Tangga Seribu. Wisata ini cocok dilakukan bagi yang senang petualangan. 

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok @indonesiakaya
Ngarai Sianok - adalah tempat wisata di Bukittinggi berupa lembah yang membentang sejauh 15 km dari sisi selatan Nagari Koto Gadang sampai ke Nagari Sianok Enam Suku. Kedalaman lembahnya sendiri sekitar 100 meter. Sedangkan lebar celahnya sekitar 200 meter. Ngarai ini merupakan hasil dari proses pergerakan lempengan bumi tektonik. Pemandangan disekitar ngarai ini sangat mempesona. Disini, wisatawan memburu eksotisme panorama yang disuguhkan ditambah dengan sejuknya udara sekitar ngarai. 

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Margasatwa Dan Budaya Kinantan
Taman Margasatwa Dan Budaya Kinantan - ini cocok untuk berwisata bersama keluarga. Disini, pengunjung bisa melihat kandang Gajah juga rumah adat Baanjuang yang berfungsi sebagai museum. Anak-anak akan sangat menyukai destinasi wisata seperti ini karena selain seru, ini juga menjadi tempat belajar yang baik. 

Kota Bukittinggi menyimpan banyak potensi pariwisata yang bernilai sejarah. Jika ingin flashback mengenai proses kemerdekaan Indonesia, maka berkunjung ke kota Bukittinggi adalah pilihan yang tepat. Ada banyak tempat wisata di Bukittinggi yang sayang untuk dilewatkan dan juga pembelajaran tentang sejarahnya.Bila Anda sudah membuktikan Beberapa tempat diatas, dan memang bermanfaat bagi anda, Silahkan bagikan informasi ini kepada kerabat terdekat kalian. Terimakasih!


Related Posts

1 komentar:

Posting Komentar