7 Tahapan Pendanan Eksternal Startup

7 Tahapan Pendanan Eksternal Startup

7 Tahapan Pendanan Eksternal Startup
7 Tahapan Pendanan Eksternal Startup

Setelah membuat artikel yang berjudul 7 Tips Sederhana Membangun Startup Dari Nol , kali ini saya akan membahas tahapan dari pendanaan eksternal dalam membangun sebuah startup. yuk kita cek saja langsung artiket dibawah ini .

1. Pre-Seed Funding

Pre-seed funding adalah tahap awal dari pengembangan produk startup atau disebut minimum viable product (MVP). Tujuan pendanaan Startup pada tahap ini adalah untuk memaksimalkan peluang penggalangan dana di masa mendatang melalui pengujian prototype, melakukan riset pasar membangun dan tim yang efektif. Pendanaan untuk bisnis Pre-Seed Funding biasanya berasal dari Teman, Keluarga, dan Penggemar. Jumlah uang yang didapat biasanya biasanya relatif kecil sekitar $0 - $50k dikarenakan bisnis masih dalam tahap ide atau konseptual.

2. Seed Funding

Startup pada tahap ini umumnya sudah memiliki beberapa produk yang matang dan mendapat beberapa klien dan sudah memiliki pendapatan bulanan yang konsisten, konstan dan progres bisnis startup yang bertambah dari bulan ke bulan sehingga investor tertarik untuk mengucurkan dananya pada startup tersebut. 
Pada tahap Seed Funding investor akan membantu startup untu memiliki kantor guna mendukung pengembangan startup dan juga untuk merekrut sejumlah staf berbakat dan potensial guna menggerakkan roda bisnisnya dari proses pengembangan produk hingga riset yang sesuai dengan produk yang akan dikembangkan. dana yang didapatkan pada tahap ini biasanya sekitar $50k - $600k.

3. Angel Investor 

Setelah prototype selesai diaplikasikan, startup akan melakukan proses uji coba dari produk dengan menawarkan demo prodok ke orang-orang terdekat atau client yang dinilai potensial maupun secara publik dari target pasar yang dituju.
Pada tahap ini adalah waktu yang tepat bagi investor untuk memerhatikan dan mengevalusasi apakah startup sudah dijalankan sesuai dengan bentuk yang diharapkan atau tidak yang nantinya hasil tersebut dijadikan keputusan untuk memberikan dana tambahan ataupun mendapatkan dana tambahan dari investor yang baru. Investor pada tahap ini biasanya berasal dari angels, venture capitalists, dan accelators dana yang dikucurkan pada tahap ini biasanya $500k-$1M.

4. Series A

Pendanaan Seri A cenderung terjadi ketika Startup menghasilkan pendapatan yang yang lumayan dari proses model bisnisnya dan sudah mempunya client tetap yang potensial.  Pada tahap ini startup sudah mempunyai produk andalan dan sudah memiliki banyak pelanggannya. Akan tetapi, startup pada tahap ini masih membutuhkan inovasi untuk mengembangkan binisnya.  Kebanyakan investor seri A berasal dari Fenox Capital, Skystar Ventures yang bersedia menerima tingkat risiko tinggi yang ditemukan dalam investasi perusahaan pada tahap ini.  skala produk / pas pasar pada tahap ini nasional dan berpotensi internasional. Kisaran dana pada tahap series A ini sekitar $1,5M -$3M

5. Series B

Setelah Series A terdapat Tahap Series B. Startup pada tahap umumnya sudah berumur 2 - 4 tahun sejak startup dikenalkan kepada publik, keuangan perusahaan sudah diaudit oleh auditor publik agar sebelum dana masuk para investor sudah mengetahui kondisi riil kas perusahaan. Series B tampak mirip dengan series A dalam hal proses dan pemain kunci. S Perbedaan dengan Seri B adalah penambahan gelombang baru perusahaan modal ventura lain yang mengkhususkan diri dalam investasi tahap selanjutnya. Kisaran pendanaan pada tahap ini ialah sekitar $5M - $20 M. 


6. Series C

Pada Tahap Series C, investor sudah berani dan yakin menyuntikkan modal ke dalam bisnis perusahaan startup yang sudah dewasa dan matang , dalam upaya untuk mendapatkan keuntungan 2 kali lipat dari dana investasinya. Pada tahap ini perusahaan dinilai sudah bisa menyingkirkan pesaingnnya. Dengan perusahaan yang sudah matang dan dewasa pada tahap series C , banyak investor yang tertarik karene memliki resiko yang sangat kecil dengan pedapatan yang besar. Investor pada series C biasanya berasal dari Investasi Bank, private equity firms dan big secondary market groups . Kisaran pendanaan pada tahap ini ialah sekitar $25M - $150M

7. Initial Public Offering (IPO)

IPO atau penawaran umum saham perdana merupakan tahap akhir dalam tahapan pendanaan startup. Pada tahap ini perusahaan startup mulai melai menjual belikan sahamnya secara terbuka di bursa efek.
Selain itu, startup juga secara terbuka menerbitkan laporan keuangannya secara tetatur dan dapat diakses oleh publik untuk digunakan sebagai acuan investasi di perusahaan startup tersebut. Secara normal, sebuah perusahaan startup membutuhkan waktu minimal sekitar 5-10 tahun untuk masuk dan mulai terjun ke tahap IPO. Sebab, untuk mencapai tahap IPO ini cukup rumit dengan proses yang cukup lama juga.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tahapan Pendanan Eksternal Startup"

Post a Comment