7 Tips Membuat Startup Sederhana Dari Nol

7 Tips Membuat Startup Sederhana Dari Nol

7 Tips Membuat Startup Sederhana Dari Nol
7 Tips Membuat Startup Sederhana Dari Nol
7 Tips Sederhana Membangun Startup Dari Nol- Selamat malam para nyemplungers, kali ini saya akan memberikan beberapa tips sederhana memulai start up dari nol.

Apa itu Startup?

Menurut Wikipedia " Perusahaan rintisan, umumnya disebut Startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat".

Bagaimana Perkembangan Startup Di Indonesia?

Tahun 2017 merupakan tahun gelombang pertama perkembangan Startup mulai menonjol di Indonesia. Di tahun 2017, Startup yang bersifat komoditas umum seperti marketplace, transportasi dan travel tumbuh pesat. Terbukti startup peraih status unicorn hingga tahun 2017 ditempati oleh  beberapa startup-startup disektor tersebut dan menjadi sangat dominan. Tahun 2018 di prediksi sebagai tahun gelombang kedua startup di Indonesia ,  gelombang kedua yang dimaksud ini ialah investasi untuk startup-startup yang berpotensi dibidang lain yang saat ini masih belum banyak berkembang di Indonesia seperti di bidang kesehatan, teknologi agrikultur, teknologi lalu lintas dan teknologi pendidikan. Sektor Fintech sendiri pun tidak ketinggalan dan semakin menggiurkan. Setelah pada tahun 2017 teknologi FIntech di Indonesia mulai tumbuh dengan diiringi regulasi dari pemerintah yaitu OJK. Tahun 2018 bisa jadi adalah tahun startup Fintech di Indonesia untuk menunjukan taringnya. 

Dari pertanyataan-pernyataan diatas sektro Startup sangat menjanjikan untuk kita geluti sekarang ini. Yuk kita langsung cek saja tips-tips sederhana memulai start up dari nol.

1.  Mencari Ide Berawal Dari Keresahan Sekitar

 Mencari Ide Berawal Dari Keresahan Sekitar

Mencari ide Startup apa yang ingin kita bangun merupakan satu hal yang mengganjal kita untuk nyemplung ke dunia Startup. Tips sederhananya ialah kita dapat mengamati keadaan sekitar kita dan menemukan masalah-masalah yang ada, jangan muluk-muluk berpikir untuk masalah yang besar tetapi cukup dimulai dari masalah yang kecil contohnya Go-Jek yang berawal dari kemacetan jakarta dan ojek konvensional yang mahal dan tarif tak tentu, Go-Food berawal dari kemageran netizen untuk membeli makanan sendiri, ataupun untuk mencari referensi kuliner yang ada disekitar.

2.  Mencari Solusi Dari Keresahan

Mencari Solusi Dari Keresahan

Setelah anda mendapatkat suatu masalah disekitar anda, pasti anda pun mulai berpikir solusi apa yang tepat untuk masalah tersebut.  Disini anda akan dituntut untuk memberikan ide kreatif dan simple untuk masalah tersebut dan menuangkannya dalam suatu catatan agar anda tidak lupa, jika anda sudah memiliki rekan atau co-founder anda bisa langsung sharing dengannya.

3.  Mulai Dengan Prototype

Mulai Dengan Prototype

Apa itu prototype? Prototype menurut saya sederhana adalah gambaran tentang sistem atau aplikasi yang akan kita buat nantinya. Kita bisa membuatnya dari aplikasi sederhana seperti Powerpont, Balsamiq Mockup, Key Note, Pencil ataupun Google Form yang nantinya hasil prototype kita bisa kita ajukan kepada investor agar tertarik mendanai startup kita.

4.  Mencari Co-Founder Yang Satu Tujuan


Mencari Co-Founder Yang Satu Tujuan

Beberapa startup yang sudah berjalan berawal dari ide dan eksekusi beberapa orang yaitu Founder dan Co-Founder. dengan mempunyai Co-Founder tentunya beban kita semakin ringan dimana kita bisa berbagi tugas dan tanggung jawab untuk bahu-membahu mengembangkan startup yang sedang kita buat seperti suami istri yang sedang membesarkan anak dari bayi sampai dewasa. Mencari Co-Founder bukan hal yang mudah dan ada banyak kreteria yang dibutuhkan seperti memiliki tujuan yang sama, profesional, visi dan misi yang sama dan yang paling penting ialah kepercayaan.

5.  Mencari Pendanaan

Mencari Pendanaan


Mencari dana melalui investor merupakan hal yang penting dalam mendirikan startup, karena tidak mungkin kita membangun startup dengan dana sendiri yang terbatas walaupun memiliki Co-Founder yang mapan. Mencari dana dapat dilakukan dengan beberapa cara yang nantinya akan saya bahas di artiket selanjutnya.

6.  Membentuk Tim Solid

Membentuk Tim Solid

Menemukan dan membentuk tim yang solid ialah salah satu hal yang rumit dalam proses membangun start-up dimana kita akan bekerja satu sama lain dengan sifat dan karekter yang berbeda-beda. Dengan membentuk tim yang solid akan lebih mudah menciptakan suasana kerja yang positif yang nantinya akan berimbas kepada kinerja dari masing masing staff. Tips yang bisa dilakukan ialah anda mengamati setiap staff seperti hubungan satu dengan yang lainnya dan anda tidak boleh ragu menindak staff yang membuat 'chaos' dilingkungan startup anda.

7.  Membangun Relasi Dari Nol

Membangun Relasi Dari Nol

Membangun relasi merupakan hal yang penting juga karena jika anda mempunyai relasi yang luas anda akan lebih mudah memperkenalkan dan memasarkan startup anda untuk mendapatkan client maupun  investor .
Sekian artikel kali ini, mungkin nanti saya akan membahas lebih banyak tentang startup lebih detail lagi melalui artiket artikel yang lainnya. Semoga bermanfaat tetap nyemplung~

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tips Membuat Startup Sederhana Dari Nol"

Post a Comment