Keluh Kesah Menjadi Seorang Youtuber Terkenal

Keluh Kesah Menjadi Seorang Youtuber Terkenal
Keluh Kesah Menjadi Seorang Youtuber Terkenal

Gemerlap dan semakin boomingnya media berbagi video terbesat saat ini didunia yaitu youtube semakin membuat semua orang tertarik untuk berada di dalam lingkungan youtube itu sendiri. Banyak orang-orang yang sudah sukses menjadi seorang youtuber menjadi terkenal dan memiliki pendapatan yang 'wah' dari youtube tersebut. Sayangnya tidak ada yang tahu keluh kesah menjadi youtuber sebelum terkenal dan mendapatkan uang yang banyak. Mau tau apa saja keluh kesah dalam proses menjadi youtuber yang berhasil? 

1. Mencari Ide Untuk Konten Video 

Sulitnya mendapatkan ide yang baru dan segar agar terciptanya sebuah konten yang orisinil untuk  diunggah ke Youtube merupakan makanan sehari-hari seorang youtuber, karena anda ditutut harus menyajikan hal-hal yang berbeda dan menarik untuk di tonton oleh para penonton atau subscriber anda disamping kebijakan ketat dari youtube akan konten reupload dan plagiat. 

2. Tekanan Mencari Subcribers

Tujuan youtuber untuk  membuat konten dan menguploadnya di youtube mungkin didasari berbagai macam tujuan seperti untuk iseng, sekedar berbagi, untuk mendengar reaksi orang tentang video anda, hobil dan lain hal lainnya , tetapi bagi seorang youtuber dengan tujuan mencari uang dan terkenal pasti mempunya tekanan untuk mencari subscriber sebanyak banyaknya. Dengan subscriber banyak video anda akan lebih ditemukan dan tentunya video anda dapat di monetisasi Google Adsense untuk menghasilkan pundi-pundi uang dan tentunya mencari subscriber tidak semudah yang anda pikirkan , kecuali jika anda artis atau public figur ataupun Jess No Limit.

3. Harus Rajin Upload Video

Jika anda serius untuk menjadi youtuber untuk menjadi terkenal dan menghasilkan uang dari youtube tentunya anda harus konsisten dalam membuat konten  dan menguploadnya di youtube. Karena youtube saat ini lebih condong ke kuantitas video anda dibandingkan kualitas video itu sendiri, semakin anda banyak mengupload video semakin besar juga anda mendapatkan subscriber.


4. Mengedit Video Berjam-Jam

Setelah anda merekam sebuah video sudah pasti dibutuhkan proses editing untuk menghasilkan konten yang berkualitas, semakin detail dan lama proses editing akan semakin bagus kualitas dari video anda, banyak youtuber pemula hanya sekedar merekam dan mengupload tampa proses editing sehingga video yang dihasilkan kelihatan 'receh', dengan adanya proses editing anda akan membuat video anda lebih menarik dan berkesan dengan efek-efek yang memukau viewers anda sehingga tertarik untuk mengikuti dengan mensubscribe channel youtube anda. Bukan halnya instan dalam mempelajari cari editing video apalagi bagi anda yang baru belajar, beda hal jika anda bisa menyewa atau memliki video editor tersendiri 

5. Perasaan Kehilangan Subcribers

Setelah anda mempunyai subscriber tentu seorang youtuber akan takut kehilangan para subscribers anda, yang tentunya menjadi tekanan tersendiri bagi anda. Saat jumlah subscriber anda turun tentunya akan berimbah ke mood anda.

6. Persaingan Antar Youtubers

Semakin terkenalnya youtube sebagai salah satu website berbagi video terbesar didunia , tentunya semakin banyak juga orang-orang yang ingin menjadi youtuber. Hal ini tentunya menambah persaingin untuk membuat konten konten yang viral untuk mendapatkan subscribers sebanyak-banyaknya. Semakin banyak konten anda semakin dituntut kreatif dan berbeda dari yang lainnya, ini merupakan tekanan tersendiri bagi para youtuber.


7. Kebijakan Yang Ketat Dari Youtube

Berbagai inovasi dan kebijakan ini muncul setelah insiden video yang diunggah vlogger terkenal yaitu Logan Paul ke Youtube, saat ia sedang berkunjung ke salah satu hutan yang sering dijadikan tempat untuk mengakhiri hidup atau bunuh diri.Logan Paul saat itu dengan sengaja menampilkan sesosok tubuh orang yang meninggal karena bunuh diri di hutan tersebut dan menggungahnya ke akun channel youtubenya. Hal ini memicu reaksi dan tanggapan terutama peringatan keras dari youtube da mulai memberlakukan aturan yang lebih ketat dari sebelumnya bagi kanal-kanal yang ingin mengumpulkan pundi uang melalui iklan yang dimonetisasi pada video yang diunggah ke youtube.
YouTube Partner Program (YPP) mengharuskan siapapun orang yang ingin bergabung dan menjadi pengiklan dalam program tersebut untuk diwajibkan memiliki minimal 1.000 orang subscriber di akun channel nya dan harus ditonton total 4.000 jam selama setahun dan itupun akan direview kembali oleh pihak youtube apakah layak dimonetisasi atau tidak.

8. Kebanyakan YouTuber Ternyata Hidup Melarat

Sisi baik yang selalu ditunjukkan oleh para youtuber mejadi terkenal dan bergelimang harta. Tapi  ternyata youtube menyimpan sisi lain dari yang kebanyakan tidak ditampilkan dibalik kesuksesan youtub sebagai media berbagi video terbesar di dunia saat ini. Dan Ternyata kebanyakan youtuber ternyata hidup melarat , hal Ini terjadi khususnya di Amerika Serikat dengan asumsi bahwa menjadi seorang youtuber sudah menjadi profesi utama untuk menghasilkan uang...
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa 96,5% dari seluruh youtuber di Amerika Serikat tidak  memperoleh penghasilan yang cukup untuk dikatakan melewati garis kemiskinan di Negara tersebut.


9. Stress 

Stress tentunya hal yang sering dialami semua youtuber-youtuber di seluruh dunia dikarenakan para content creator didorong untuk terus mengejar kuantitas dibanding kualitas kontennya tersebut agar mereka bisa tetap eksis di youtube, hal tersebut sudah pasti memicu stress yang bisa diakibatkan oleh sibuk mencari ide yang menguras otak, butuh tenaga dan waktu yang sangat banyak dalam membuat konten sehingga kurang istirahat, kurangnya waktu sendiri ataupun sekedar menghibur diri dari aktivitas youtube yang padat dan terus menerus.

10. Ada Penggemar ada Haters

Menjadi bintang youtube dan terkenal tidak selalu menyenangkan, karena selain ada orang yang menyukai kita juga, kita juga harus siap ada juga yang tidak suka dengan kita dan siap dengan konsekuensi negatif seperti timbulnya haters yang siap meneror dengan kata-kata kasar, kata-kata jorok, teror, bullying dan lain-lain dan tentunya imbasnya tidak hanya ke kita sendiri , bisa jadi orang sekitar kita juga mendapatkan dan merasakan hal tersebut 


Kesimpulanya menjadi terkenal, eksis dan kaya dari ranah youtube tidak hanya merasakan manis-manisnya saja, ada proses berat dan tidak instan yang harus dilewati seperti yang sudah saya uraikan diatas dan mungkin masih banyak keluhan lain yang dirasakan oleh para youtuber sebelum dan sesudah terkenal. Apakah anda siap dengan kenyataan tersebut?.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keluh Kesah Menjadi Seorang Youtuber Terkenal"

Post a Comment