Mengenal Apa Itu Google Assistant

Mengenal Google Assistant Perpaduan Artificial Intelligence (AI) dan IoT

Mengenal Google Assistant Perpaduan Artifical Intellengence dan IoT
Mengenal Google Assistant Perpaduan Artifical Intellengence dan IoT

Google Assistant adalah asisten virtual yang didukung Artificial Intelligence dan Internet of Thing yang dikembangkan oleh Google yang tersedia pada perangkat mobile atau perangkat smart home. Tidak seperti Google Now, Google Assistant dapat melayani percakapan dua arah. Google Asisstant memulai debutnya pada tahun 2016 dan merupakan bagian dari aplikasi Google Messaging app Allo. Dan pada Akhir Februari 2017, raksasa internet itu pun memastikan kehadiran Google Assistant untuk pengguna Android selain Pixel.

Dan saat ini Saat ini Google Assistant tidak hanya disematkan di Google Allo tetapi juga disematkan pada Google Pixel dan Google Home. Untuk kedepannya pihak google juga akan menyematkan Google Assistant ke produk hardware buatan Google seperti mobil, smartwatch dan produk terbaru Google lainnya.

Pengguna dapat berinteraksi dengan Google Assitant dengan percakapan biasa, tetapi dapat juga berinteraksi melalui keyboard juga. Mempunya sifat dan penggunaan dengan Google Now, Google Assistant mampu melakukan pencarian di internet, jadwal acara , pengingat alarm,menyesuaikan pengaturan hardware pada perangkat yang digunakan user dan menampilkan informasi dari pengguna akun Google. 

Google juga telah mengumumkan bahwa Google Assistant juga mampu mengidentifikasi objek dan mengumpulkan informasi visual melalui perangkat kamera dan juga mendukung pembelian produk dan mengirim uang, serta mengidentifikasi lagu. 

Penasaran dengan apa saja kemampuan Google Assistant lainya?, yuk cek saja dibawah ini :

1. BIsa Membaca Berita

Fitur ini tidak banyak diketahui oleh pengguna Google Assistant, asisten virtual ini dapat membaca berita berdasarkan topik yang disukai oleh penggunanya berdasarkan preferensi dari penggunanya. Uniknya, topik berita yang dibacakan benar-benar narutal serupa dengan seseorang yang membaca berita, dan seperti speech-to-text.

untuk menggunakan fitur ini, anda hanya perlu membuka aplikasi Google, lalu pilih Settings dan buka Google Assistant, pilih Settings dan News. Pada kolom ini anda bisa memilih berita yang ingin dibacakan oleh Google Assistant

2. Dapat Melakukan Berbagai Macam Konversi

Tak sepeerti Google Search, anda juga dapat menyakan tentang konversi pada Google Assistant. Cukup mengatakan hal yang ingin anda tanyakan maka Google Assistant akan memberikan jawaban. Anda dapat menanyakan pertanyaan seperti " Berapakan ukuran 1000 cm dalam meter?" , "Berapakah 1$ Dikonversi ke dalam Rupiah?"

3. Menerjemahkan Kalimat

Google Assistant juga dilengkapi dengan kemampuan Google Translate. Pengguna dapat meminta Google Assistant menerjemahkan sebuah kata atau kalimat sekalipun yang ingin diterjemahkan kedalam bahasa yang diinginkan.

Anda dapat menanyaka "Apa bahasa Spanyol untuk Aku Cinta Kamu?", Google Assistant akan menampilkan terjemahan dari kata tersebut dan juga melakukan pengucapannya juga.

4. Mencari File Di Aplikasi

Integrasi Google Assistant pada sejumlah aplikasi Google lainya membuat asisten virtual ini dapat melakukan pencarian file aplikasi Google tersebut. Salah satu aplikasi dari Google yang dapat  terintergrasi dengan fitur Google Assistant adalah Google Photos.

Anda dapat meminta Google Assistant membuka foto secara spesifik yang tersimpan di Google Photos. Anda cukup menyatakan keterangan foto tersebut dan tanggal foto tersebut diambil.

Asisten virtual ini juga dapat membacakan SMS dari aplikasi Messenger Google, tapi sayangnya fitur ini belum mendukung aplikasi pihak ketiga.


5. Memutar Video Dan Musik

Anda juga dapat meminta Google Assistant untuk memutarkan musik dan video yang anda inginkan dari layanan milik Google, seperti Google Play Music dan YouTube.Anda cukup mengatakan  'Mainkan Sebelah Mata' atau 'mainkan When We Were Young - Adelle di YouTube'.

Namun perintah ini belum dapat diberikan untuk aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu Google Assistant tidak bisa memutar musik dari layana aplikasi diluar Google Spotify, Joox atau IG video dari layanan lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Apa Itu Google Assistant "

Post a Comment