Terobosan Terbaru Dari Google DeepMind Untuk Pemeriksaan Dan Perawatan Mata

Terobosan Terbaru Dari Google DeepMind Untuk Pemeriksaan Dan Perawatan Mata

Terobosan Terbaru Dari Google DeepMind Untuk Pemeriksaan Dan Perawatan Mata
Terobosan Terbaru Dari Google DeepMind Untuk Pemeriksaan Dan Perawatan Mata
DeepMind dengan gembira mengumumkan  hasil dari fase pertama dari kerjasama penelitian yang dilakukan dengan Rumah Sakit Mata Moorfields, berpotensi untuk mengubah manajemen penyakit mata yang mengancam penglihatan.

Google DeepMind sendiri iaalah perusahaan teknologi Artificial Intelligence yang berasal dari  Britania Raya yang didirikan pada bulan September 2010 dengan nama DeepMind Technologies. Perusahaan ini berganti nama setelah diakuisisi oleh Google pada tahun 2014.

Dari hasil penelitan yang dilakukan bersamal Rumah Sakit Mata Moorfields di London selama 18 bulan terakhir menunjukkan bahwa sistem AI yang dikembangkan oleh DeepMind dapat dengan cepat menginterpretasikan pemindaian mata dari praktik klinis  secara rutin dengan akurasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dari hasil pemindaian dapat merekomendasikan bagaimana pasien harus dirujuk untuk mendapatkanpengobatan  lebih dari 50 penyakit mata yang dapat mengancam mata dengan keakuratan setara dokter ahli terkemuka di dunia.

Meskipun hanya hasil awal, tetapi sistem sudah menunjukkan hasil yang sangat positif. Sistem yang dikembangkan dapat menangani dan mendetesi berbagai macam penyakit pasien yang ditemukan dalam praktek klinis rutin. Dalam jangka panjang, pihak Google DeepMind berharap hasil ini akan membantu dokter dengan cepat memprioritaskan pasien-pasien yang membutuhkan perawatan mendesak yang pada akhirnya dapat menyelamatkan penglihatan dari pasien tersebut.

sumber : https://deepmind.com/blog/moorfields-major-milestone/
Saat ini, perawatan mata profesional menggunakan tanning optikal koherensi tomografi (OCT) untuk membantu mendiagnosis kondisi mata dari pasien. Gambar-gambar 3D ini memberikan peta rinci dari bagian belakang mata, tetapi terkadang gambar-gambar ED tersebut sulit untuk dibaca dan membutuhkan waktu analisis dari pakar profesioanluntuk menafsirkannya.

Tetapi dengan sistem yang dikembangkan oleh DeepMind berupaya mengatasi tantangan Tersebut. Tidak hanya dapat secara otomatis mendeteksi fitur penyakit mata dalam hitungan detik saja, tetapi juga dapat memprioritaskan pasien yang paling membutuhkan perawatan mendesak dengan merekomendasikan apakah mereka harus dirujuk untuk perawatan atau tidak. Sistem ini diklaim mampu menganalisis pemindaian OCT retina 3D untuk tanda-tanda awal kondisi seperti glaukoma, penyakit mata diabetes dan degenerasi makula.

Teknologi yang sedang di kembangkan oleh DeepMind dapat dengan mudah diterapkan ke berbagai jenis pemindai mata, dan bukan hanya jenis alat khusus yang ada di Rumah Sakit Mata Moorfields saja. 

Profesional perawatan mata akan tetap selalu memainkan peran kunci dalam menentukan jenis perawatan dan perawatan yang diterima oleh pasien. Mengaktifkan mereka untuk meneliti rekomendasi teknologi adalah kunci untuk membuat sistem dapat digunakan dalam praktik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terobosan Terbaru Dari Google DeepMind Untuk Pemeriksaan Dan Perawatan Mata"

Post a Comment