6 Hal Penting Perusahaan Startup Dalam Merekrut Karyawan Baru

6 Hal Penting Perusahaan Startup Dalam Merekrut Karyawan Baru


6 Hal Penting Perusahaan Startup Dalam Merekrut Karyawan Baru
6 Hal Penting Perusahaan Startup Dalam Merekrut Karyawan Baru
Membangun sebuah tim yang solid dalam sebuah startup tentu penting menemukan dan merekrut karyawan yang berkualitas dan mempunyai integritas tinggi serta profesional. Para founder biasanya sangat sulit menemukan kandidat yang cocok untuk menemukannya. Berikut merupakan hal yang penting yang bisa dijadikan oleh para founder startup untuk merekrut karyawan dengan talenta-talenta terbaik dan potensial secara cepat, tepat dan efisien.

Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana melakukan rekrutmen yang tepat:

1. Membangun komunikasi erat antara tim rekrutmen dan tim pemasaran

Sangat penting anda memastikan tim rekrutmen dan tim pemasaran mempunyai pandangan yang sama untuk bekerja sama dalam hal strategi perekrutan talenta-talenta terbaik. Tim rekrutmen harus menunggu terlebih dahulu tim pemasaran untuk mengemukakan hal-hal menarik tentang startup anda kepada media.

Anda dapat menentukan talenta seperti apa yang ingin kamu rekrut untuk anda kirimkan kepada media dan acara-acara peluncuran produk startup anda (bila ada), agar informasi tentang startup yang anda bisa sampai di telinga para talenta-talenta potensial.

2. Terjun Langsung Kelapangan

Tim rektuitment bisa mempunyai inisiatif untuk mencari talenta-talenta terbaik dengan terjun langsung kelapangan. Datanglah ke suatu sesi networking atau acara-acara khusus untuk perekrutan karyawan seperti job fair, sesuai dengan bidang industri yang relevan.

3. Membangun Tim Rekruitment yang Solid

Pada saat dimana startup anda mulai berkembang dan membutuhkan talenta-talenta yang potensial tentu anda memerluka sebua tim rekruitment yang solid dan mengerti produk apa yang kamu buat. Tim rekruitment yang anda bangun harus mengerti visi dan misi dari perusahaan yang anda bangun agar mereka juga bisa mendatangkan talenta-talenta potensial yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan anda

4. Memonitor Karyawan Baru

Perhatian dan monitor karyawan baru anda untuk memastikan apakah mereka mempunyao ambisi yang sama dengan anda untuk membangun perusahaan startup. Anda bisa memeriksanya melalui riwayat karir mereka pada perusahaan sebelumnya dan jika karyawan anda adalah freshgradute anda bisa perhatikan cara mereka berbicara, bergaul dengan karyawan anda dan cara berperilaku dan beradaptasi dengan lingkungan perusahaan anda.

5. Memperhatikan Tanda-Tanda Lingkungan Kerja 

Setiap karyawan baru pasti mau tidak mau beradaptasi dengan lingkungan kerja anda.Pastikan anda memperhatikan tanda-tanda saat mereka bergabung , seperti;

  • Kondisi lingkungan kerja saat karyawan baru bergabung
  • Kinerja dari tim anda
  • Kesolidan tim anda
  • Progres Positif yang karyawan anda bangun

6. Memberikan Contoh Yang Baik

Pastikan anda sebagai pimpinan mempunyai contoh yang baik untuk ditiru oleh karyawan baru anda, agar mereka percaya bahwa mereka bekerja di tempat yang tepat dan mempunya acuan untuk ditiru. Contoh dari sifat-sifat yang bisa anda tunjukan adalah :
  • Pantang menyerah
  • Mempunyai jiwa pemimpin
  • Mempunyai kepribadian yang kuat
  • Mendengarkan dan mendukung ide-ide dari karyawan anda



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Hal Penting Perusahaan Startup Dalam Merekrut Karyawan Baru"

Post a Comment