8 Sederhana Tips Merawat Mouse Komputer

8 Tips Sederhana Merawat Mouse Komputer

8 Tips Sederhana Merawat Mouse Komputer
Bagi anda yang sebagian besar akivtiasnya sebagian besar lakukan di depan perangkat PC/Komputer pasti tidak asing dengan perangkat bernama mouse.  Mouse sendiri ialah peranti penunjuk yang berguna  untuk memasukkan data dan perintah ke dalam suatu PC/komputer selain dari keyboard. Berdasarkan intesitas penggunaannya mouse sangat sering terjadi kerusakan atau tidak berfungsi dengan semestinya yang tentunya bisa membuat pekerjaannya anda tertunda bahkan tidak nyaman jika tidak menggunakan mouse. Disini saya akan memberikan tips-tips sederhana merawat mouse agar awet dan tidak cepat rusak.

1. Mengeluarkan Sedikit Uang Lebih Untuk Membeli Mouse Dengan Kualitas Baik

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membeli mouse yang sedikit lebih mahal dari mouse-mouse biasa dan membeli mouse dengan kualitas yang sudah terpercaya. berdasarkan pengalaman saya membeli mouse yang murah (dibawah 100rb) disamping tidak nyaman digunakan dikarekan tidak licin, kursor yang tidak stabil di permukaan tertentu, tidak responsif  dan cepat rusak ialah hal yang lazim didapatkan dari mouse yang murah dan tentu membuat anda tidak nyaman dalam aktivitas anda didepan komputer. Jadi memilih mouse yang sedikit lebih mahal (100rb -250rb) sudah dirasa cukup untuk kenyamanan anda dan tentunya lebih awet.

2. Membersihkan Mouse Optik 

Semua mouse modern saat ini sudah mengusung standar optik, di mana perangkat  mouse mengeluarkan cahaya merah di bagian bawah mouse. disini saya sarankan untuk membersihkan mouse optik secara berkala minimal sebulan sekali. Bersihkan mouse optik dari debu dan kotoran menggunakan cotton bud dengan cairan pembersih dengan perlahan, mouse optik yang kotor bisa menyebabkan kursor tidak fokus bahkan tidak responsif. Anda juga disarankan untuk menggunakan mouse pad atau alas pad dan juga selalu memerhatikan kebersihan optik mouse Anda.

3. Menggulung Kabel Dengan Hati-Hati dan Tidak Berbelit

Ada 2 jenis mouse yang saat ini digunakan yaitu mouse kabel dan yang nirkabel atau wireless. Untuk mouse yang memiliki kabel, pengguna disarankan untuk berhati-hati saat menggulungnya dan saat mencabut mouse disarankan tidak menarik dari kabel melainkan dengan menariknya dari kepala USB. Disini disarankan anda lebih baik membeli mouse dengan wireless dibandingkan mouse dengan kabel.

4. Tidak Mencabut dan Colok USB Sesering Mungkin

Pengguna disarankan menyediakan port khusus untuk mouse itu sendiri dengan tujuan tidak sering mencabut dan colok port USB terlalu sering, dikarenakan penggunaaan port USB terlalu sering dikhawatirkan bisa merusak port USB baik dari mouse itu sendiri bahkan port PC/Laptop anda.

5. Pakai Mouse Sewajarnya

Terlalu lama menggunakan mouse bisa memperpendek umur mouse. Serupa dengan komputer, mouse juga perlu diistirahatkan bila tidak benar-benar digunakan. Anda bisa mematikan mouse secara manual ketika Anda bepergian. Walaupun mouse wireless bisa dalam keadaan sleep atau stand by ketika tidak digunakan, tetapi mereka akan hidup kembali ketika mereka tergeser di dalam tas Anda dan ini akan mengkonsumsi energi baterai.

6. Jauhkan Mouse dari Benda Cair

kebanyakan orang ketika bekerja di depan PC/Laptop sering meletakkan minuman atau makanan di sebelah mouse. Usahakan jangan pernah meletakkan makanan atau minuman dekat dengan mouse untuk menghindari ketumpahan cairan dari makanan atau minuman tersebut dikarenakan mouse adalah benda yang memanfaatkan listrik. Jadi, jika ada air pada Mouse, maka akan membayakan kesehatan mouse bahkan komputer Anda. Bahaya yang ada misalnya konslet yang membuat mouse rusak dan bahkan diikuti juga komputernya. Pengguna komputer itu sendiri pun juga berada dalam bahaya tersengat listrik.

7. Jangan Menekan Tombol Mouse Terlalu Dalam 

Menekan tombol klik Mouse dengan keras-keras hal yang sering dilakukan oleh pengguna komputer kebanyakan apalagi bagi mereka yang suka bermain game, biasanya mereka terlalu asik dan bersemangan dan bahkan kesal sehingga menekan tombol mouse terlalu dalam dan keras. Oleh karena kebiasaan tersebut kadang mempengaruhi kualitas dari mouse itu sendiri, dan bagi anda seorang gamers disarankan untuk membeli mouse yang didesain khusus untuk para gamers.


8. Menghemat Daya Tahan Baterai Mouse Wireless

Mouse wireless atau tanpa kabel menggunakan baterai agar mouse tersebut berfungsi, tentu anda pernah terganggu dengan terus menerus mengganti baterai dengan jangka waktu yang pendek, berikut adalah tips membua daya tahan baterai mouse anda lebih awet digunanakan :
  • Gunakan mouse pad yang berwarna terang. Walaupun mouse wireless Anda dapat bekerja dengan baik di meja granit yang hitam atau bahkan permukaan yang transparan seperti kaca, sebaiknya dihindari karena menyebabkan sensor pelacakan pada mouse wireless menggunakan banyak daya.
  • Mouse wireless Anda berhubungan dengan nano receiver yang dicolokkan ke port USB komputer. Pastikan USB receiver dengan mouse jaraknya berdekatan.
  • Untuk hasil yang terbaik, ganti kedua baterai secara bersamaan dan hindari pencampuran merek baterai. Logitech menyarankan menggunakan baterai alkaline karena baterai tersebut beroperasi pada tegangan yang rendah dan secara negatif dapat mempengaruhi daya tahan baterai mouse wireless Anda.
  • Matikan mouse secara manual ketika Anda bepergian. Walaupun mouse wireless bisa dalam keadaan sleep atau stand by ketika tidak digunakan, tetapi mereka akan hidup kembali ketika mereka tergeser di dalam tas Anda dan ini akan mengkonsumsi energi baterai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Sederhana Tips Merawat Mouse Komputer "

Post a Comment