Tips Merawat Printer Agar Lebih Awet dan Jarang Bermasalah

Tips Merawat Printer Agar Lebih Awet dan Jarang Bermasalah


1. Rutin Membersihkan Printer

Debu dan kotoran serta sisa-sisa kertas yang tersumbat di printer bisa membuat printer sering macet atau paper jam. Oleh karena itu membersihkan printer minimal sebulan sekali dapat memperkecil masalah macet atau paper jam pada printer anda. Anda dapat menggunakan kain, tisu, sikat gigi bekas, air hangat, cairan pembersih atau alat pembersih lainnya untuk membersihkan printer atau dapat membeli perlengkapan pembersih di toko-toko online.

2. Periksa Posisi Kertas Pada Tray

Posisi kertas juga memperngarui seringnya terjadi paper jam pada printer anda, pastikan posisi kertas anda sudah cocok dengan tray pada printer anda, posisi yang salah akan mengakibatkan kertas tidak ditarik sempurna oleh roller dan mengakibatkan paper jam

3. Gunakan Printer Secara Rutin

Printer yang jarang digunakan dalam waktu lama lebih cepat rusak dibandungkan printer yang digunakan secara rutin terutama pada printer  jenis inkjet, jika tidak digunakan sama sekali tinta pada head cartridge bisa menjadi kering, hal inilah yang menyebabkan proses printing menjadi terhambat diakibatkan oleh tinta yang mengering.

4. Hindari printing terus menerus dalam jumlah banyak

Menggunakan printer secara terus menerus tentu menguras kinerja printer itu sendiri, pastikan untuk mengistirahatkan printer beberapa saat dengan cara mematikannya sebentar,  saat anda mematikannya sebentar anda bisa melakukan perawatan kecil agar performa printer anda tetap terjaga.

5. Pastikan Kualitas Kertas Yang Di Cetak Bagus

Hampir semua merk kertas pasti memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan satu yang lainnya, disini yang saya maksud ialah kelakayan kertas tersebut sebelum diletakkan pada tray printer. Pastikan kertas tersebut tidak lecek, berdebu atau kotor, tidak ada steples dikarenakan ada beberapa orang yang berniat mengirit dengan mencetak menggunakan kertas bekas tetapi lupa memastikkan kertas tersebut bebas dari steples atau benda lainnya sehingga mengakibatkan kerusakan pada printer, pastikan juga kertas anda tidak lembab.

6. Mematikan printer dengan benar

Setelah selesai menggunakan printer pastikan bahwa mesin tersebut sudah selesai dalam memproses cetakan, setelah dipastikan bahwa printer tidak memiliki perkerjaan lagi anda bisa menekan tombol power untuk mematikannya. Jangan pernah mematikan printer langsung dengan mencabut stop kontak dikarenakan posisi cartridge kembali ketempat asalnya secara otomatis  jika dimatikan melalui tombol power berbeda dengan jika mematikan printer langsung dari stop kontak


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merawat Printer Agar Lebih Awet dan Jarang Bermasalah"

Post a Comment